informasi

DPA dan PROGRAM
PROSES KLAIM
MANFAAT PENSIUN
Investasi
CLUSTERING



Q: Apa beda DPA 1 dan 2?

A: Dari segi keanggotaan: Peserta yang terdaftar di DPA sebelum dan hingga 20 April 1992 menjadi peserta DPA1 Sementara peserta yang terdaftar di DPA setelah tanggal 20 April 1992 menjadi peserta DPA2 Dari Segi Program, DPA1 menjalankan Program Pensiun Manfaat Pasti dan Program Pensiun Iuran Pasti untuk DPA2.

Q: Bagaimana DPA mengelola dana pensiun peserta?

A: Dana Pensiun Peserta selama ini diinvestasikan di beberapa bagian, saham, obligasi, sukuk, SUN, dll (untuk list lebih lengkap silahkan baca di www.dapenastra.com pada bagian "Berita Bulanan" ketika Anda telah log in), investasi ini dilakukan untuk mendapatkan pengembangan yang maksimal bagi peserta. Dalam melaksanakan investasi, DPA dibantu oleh beberapa fund manager yang sudah berpengalaman dan bank kustodian. Investasi yang dilakukan DPA juga diawasi dengan ketat oleh pemerintah dan dewan pengawas serta komite investasi.

Q: Apa itu Program Pensiun Manfaat Pasti dan Program Pensiun Iuran Pasti?

A: Program Pensiun Manfaat Pasti adalah program pensiun yang manfaatnya ditetapkan dalam peraturan Dana Pensiun atau program pensiun lain yang bukan merupakan Program Pensiun Iuran Pasti. Program Pensiun Iuran Pasti adalah program pensiun yang iurannya ditetapkan dalam peraturan Dana Pensiun dan seluruh iuran serta hasil pengembangannya dibukukan pada rekening masingmasing peserta sebagai manfaat pensi

Q: Apa itu anuitas?

A: Anuitas adalah Produk asuransi jiwa yang memberikan pembayaran secara berkala ke pada Peserta/pasangan dan atau Anak, untuk seumur hidup atau jangka waktu tertentu.

Q: Mengapa kita wajib beli anuitas?

A: Anuitas hanya diwajibkan dibeli jika Manfaat Pensiun yang diterima Peserta telah melebihi ketentuan Menteri Keuangan. Sesuai peraturan yang berlaku di Indonesia, dana pensiun dimaksudkan sebagai dana yang disimpan untuk memenuhi kebutuhan peserta setelah pensiun, maka dari itu diharapkan manfaat pensiun ini dapat tetap dinikmati secara berkala(bulanan). Dari sini lah muncul kewajiban untuk membeli anuitas.

Q: Apa beda DPA dengan BPJS?

A: Yang pertama, BPJS bersifat wajib sementara Dana Pensiun tidak wajib, sepenuhnya keputusan dari pemberi kerja. Astra sendiri mendirikan Dana Pensiun Astra karena kepeduliannya terhadap masa depan karyawannya. Jika dilihat dari manfaat, BPJS bertujuan untuk memberikan pesangon, yang notabenenya tidak kontinyu, namun Dana Pensiun dipersiapkan untuk menghadapi masa pensiun dimana nantinya peserta jika sudah tidak bekerja lagi, diharapkan tetap mendapatkan penghasilan setiap bulanannya.

Q: Apakah informasi saldo tidak dapat dibagikan secara cetak seperti dulu? Karena kami tidak memiliki akses internet.

A: Saat ini cek saldo bisa dilakukan via SMS, Telepon dan Cek Saldo Via ATM Bank Permata dan MobileApp DPA untuk Android dan BB.

Q: Bagaimana DPA mengelola dana pensiun peserta?

A: Dana Pensiun Peserta selama ini diinvestasikan di beberapa bagian, saham, obligasi, sukuk, SUN, dll (untuk list lebih lengkap silahkan baca di www.dapenastra.com pada bagian "Berita Bulanan" ketika Anda telah log in), investasi ini dilakukan untuk mendapatkan pengembangan yang maksimal bagi peserta. Dalam melaksanakan investasi, DPA dibantu oleh beberapa fund manager yang sudah berpengalaman dan bank kustodian. Investasi yang dilakukan DPA juga diawasi dengan ketat oleh pemerintah dan dewan pengawas serta komite investasi.

Q: Apakah investasi DPA pernah mengalami negatif?

A: Ya, hasil investasi memang tidak selalu positif. Berbeda dengan tabungan/deposito yang selalu positif. DPA mengambil kebijakan ini untuk memperoleh hasil pengembangan yang lebih baik dalam jangka panjang.

Q: Lalu mengapa investasi ini diteruskan jika hasilnya negatif?

A: Yang pertama, investasi tidak selalu negatif. Hasil negatif masih menjadi kasus langka dalam sejarah investasi DPA. Yang kedua, hasil investasi negatif tidak selalu sama dengan merugi. Dalam catatan investasi DPA, meskipun mengalami beberapa hasil negatif, namun secara jangka panjang hasil imbal balik yang didapatkan peserta masih melebihi hasil imbal balik deposito.

Q: Bagaimana Proses Klaim di DPA?

A: Proses klaim DPA dilakukan dengan 3 cara, 1. Isi dengan lengkap form klaim (dapat didownload di web DPA) 2. lengkapi dengan foto copy KTP dan dokumen pendukung lainnya 3. kirimkan ke Dana Pensiun Astra, melalui fax 021 6530 0330, pos (gdg Grha SERA lt 8 jl Mitra Sunter Blvd Blok C2 Kav 90 Sunter), email (cs@dapenastra.com) maupun upload di menu "klaim" web DPA.

Q: Bagaimana Cara Menghitung Manfaat Pensiun?

A: Untuk DPA1 Manfaat Pensiun dihitung berdasarkan rumus: Faktor X NS X PhDP dimana Faktor ditentukan oleh berapa lama peserta bekerja, NS ditentukan berdasarkan usia berapa peserta pensiun/keluar dari Astra Group. PhDP adalah rata-rata gaji pokok 24 bulan terakhir. tabel NS sbb: 40=0.25697; 41=0.28111; 42=0.30758; 43=0.33662; 44=0.36851; 45=0.40351; 46=0.44185; 47=0.48382; 48=0.52979; 49=0.58012; 50=0.63523; 51=0.69557; 52=0.76165; 53=0.83401; 54=0.91324; 55=1.00000

Q: Apa yang dimaksud dengan life cycle fund?

A: Life cycle fund adalah pengelompokkan portofolio investasi berdasarkan usia dimana dengan bertambahnya usia maka portofolio investasi akan menuju ke investasi dengan risiko yang rendah, hal ini untuk menghindari dari dampak volatilitas hasil investasi.

Q: Mengapa harus dilakukan pemisahan portofolio untuk peserta?

A: Pemisahan portofolio ini sesuai dengan ketentuan NOMOR 5 /POJK.05/2017 dan berlaku wajib bagi peserta yang telah memasuki usia sesuai dengan ketentuan.

Q: Apakah seluruh peserta Dana Pensiun Astra ikut ke dalam program ini?

A: Program ini berlaku untuk seluruh peserta Dana Pensiun Astra Dua. Yaitu untuk Program Pensiun Iuran Pasti

Q: Berapa batasan usia bagi peserta yang ikut ke dalam program ini?

A: Umur yang menjadi batasan pemberlakukan program ini adalah peserta yang telah memasuki usia lebih dari 52 tahun 6 bulan, sampai mencapai usia pensiun normal. Perpindahan dilakukan 1 hari setelah Anda menerima hasil investasi atas iuran periode usia Anda 52 tahun 6 bulan.

Q: Ada berapa kelompok portofolio investasi yang dimiliki oleh Dana Pensiun Astra Dua (DPA2) ?

A: Kelompok portofolio investasi yang dimiliki oleh DPA 2 ada 2 yaitu : 1. Kelompok portofolio investasi reguler ditujukan bagi Peserta Aktif dan Pasif khususnya Peserta Henti Tunda sampai peserta berusia 52 tahun 6 bulan. 2. Kelompok portofolio investasi terproteksi ditujukan peserta aktif dan Pasif khususnya Peserta Henti Tunda yang memiliki usia lebih dari 52 tahun 6 bulan sampai dengan usia pensiun normal atau 55 tahun

Q: Apakah saya bisa memilih untuk ikut serta atau tidak pada kelompok portofolio yang ada di Dana Pensiun Astra Dua?

A: Tidak, karena pengelompokkan peserta menggunakan umur, bukan atas pilihan peserta. Anda akan tetap berada pada kelompok portofolio investasi reguler sampai usia mencapai 52 tahun 6 bulan, selanjutnya akan masuk ke dalam kelompok portofolio B hingga mencapai usia 55 tahun. Selain itu, pengelolaan aset pada Dana Pensiun Astra bersifat Pool of Fund.

Q: Apa saja instrumen investasi yang dimiliki oleh Dana Pensiun Astra Dua (DPA 2) ?

A: DPA 2 memiliki 2 kelompok portofolio investasi dengan instrumen investasi yang ada adalah sebagai berikut : 1. Kelompok portofolio investasi reguler : 54% Saham, 30% Surat Berharga Negara, 15% Surat Berharga Korporasi, 1% Deposito. 2. Kelompok portofolio investasi terproteksi: 95% Surat Berharga Negara & 5% Deposito.

Q: Apakah saya akan mendapatkan informasi sebelum saya pindah ke kelompok investasi Kelompok portofolio investasi terproteksi?

A: Satu bulan sebelum pemindahan aset ke dalam kelompok portofolio investasi terproteksi, Dana Pensiun Astra akan memvalidasi data Bapak/Ibu melalui HRD perusahaan Bapak/Ibu. Selain itu, jika Bapak/Ibu telah mengisi data no HP pada www.dapenastra.com maka kami akan mengirimkan SMS pemberitahuan.

Q: Bagaimana saya mengetahui besarnya hasil pengembangan setelah saya ada di kelompok portofolio investasi terproteksi, apakah seperti saat ini saya dapat mengetahui setiap bulannya melalu cek saldo baik pada web maupun Mobile App?

A: Ya, tidak ada perbedaan cara mengetahui saldo antara kelompok investasi portofolio investasi reguler & portofolio investasi terproteksi.

Q: Saat ini berapa Return yang didapat oleh peserta? dan jika pindah ke portofolio kelompok portofolio investasi terproteksi berapa yang akan didapat?

A: Return yang didapat bagi seluruh peserta Dana Pensiun Astra Dua bergantung pada instrument investasinya. Salah satu instrument pada kelompok portofolio investasi reguler adalah saham yang dipengaruhi kondisi harga pasar saham secara nasional yang membuat return portofolio investasi reguler lebih berpotensi fluktuatif dibandingkan pada portofolio portofolio investasi terproteksi.

Q: Apakah saya dapat kembali ke kelompok portofolio A setelah pindah ke kelompok portofolio terproteksi?

A: Setelah Anda masuk ke dalam kelompok portofolio terproteksi, Anda tidak dapat kembali lagi ke dalam kelompok portofolio reguler, kecuali jika Anda melakukan perubahan data tanggal lahir dengan melampirkan dokumen-dokumen terkait sesuai prosedur perubahan data. Hasil pengembangan yang telah didapatkan selama Anda masuk dalam kelompok portofolio terproteksi tidak dikoreksi.

Q: Apakah ada perubahan dalam mengajukan klaim manfaat pensiun?

A: Pembagian kelompok investasi ini tidak mempengaruhi tata cara dalam mengajukan klaim manfaat pensiun.

Q: Apa yang dimaksud dengan peserta henti tunda?

A: Peserta henti tunda adalah peserta yang berhenti dengan masa kepesertaan 3 tahun atau lebih dan usia belum mencapai usia pensiun normal (55 tahun).