informasi
PROGRAM PENSIUN

Saat ini Dana Pensiun Astra menyelenggarakan dua program pensiun yaitu :

1. Program Pensiun Manfaat Pasti [PPMP]
PPMP adalah program pensiun yang manfaatnya ditetapkan dalam Peraturan Dana Pensiun [PDP] atau program pensiun lain yang bukan merupakan program pensiun iuran Pasti. Program ini dikelola oleh Dana Pensiun Astra Satu

Rumus Perhitungan Manfaat Pensiun :
Faktor x Nilai Sekarang x PhDP
- Faktor :
Angka pengali berdasarkan lama masa kerja
- Nilai Sekarang :
Angka pengali berdasarkan usia peserta (tabel dapat diperoleh melalui HRD Perusahaan)
- PhDP :
Rata-rata gaji pokok peserta selam 24 bulan terakhir

Simulasi dan Estimasi Manfaat Pensiun DPA 1 dapat diakses di Aplikasi DPA Mobile

2. Program Pensiun Iuran Pasti [PPIP]
PPIP adalah program pensiun yang iurannya ditetapkan dalam PDP, dan seluruh iuran serta hasil pengembangannya dibukukan pada rekening masing-masing peserta sebagai manfaat pensiun. Program ini dikelola oleh Dana Pensiun Astra Dua

ASTRA memiliki dua Dana Pensiun, yang masing-masing menjalankan satu program dana pensiun (sesuai ketentuan sebuah dana pensiun hanya boleh menjalankan satu jenis program dana pensiun).

Rumus Perhitungan Manfaat Pensiun : Akumulasi Iuran Peserta + Akumulasi Iuran Perusahaan + Akumulasi Hasil Investasi

Contoh Perhitungan ManfaatPensiun DPA Dua :

Manfaat Pensiun yang diterima oleh peserta DPA Dua adalah akumulasi dari Iuran Peserta, Iuran Perusahaan dan Hasil Investasi yang diterima selama menjadi peserta DPA Dua, jika total saldo peserta melebihi ketentuan maka 80% dari total manfaat pensiun wajib dibelikan produk Anuitas pada perusahaan Asuransi Jiwa yang menyelenggarakan produk Anuitas Seumur Hidup dan 20% dari total manfaat pensiun dapat dibayarkan sekaligus.

Contoh perhitungan:

Simulasi DPA DUa

Pemilihan Anuitas harus dipertimbangkan dengan matang oleh Peserta karena Manfaat Pensiun yang bersangkutan akan dikelola seumur hidup sampai dengan janda/duda, dan anak (sesuai dengan aturan yang berlaku) oleh perusahaan Asuransi Jiwa yang ditunjuk.