informasi
Tessa Cake & Coffee Shop

01 Nov 2018

Tessa Cake & Coffee Shop

Berawal dari kegemarannya menikmati kopi pada saat masih bekerja, mendorong Bapak Paulus Wiria memilih membuka coffee shop sebagai aktivitas setelah pensiun. Pensiun pada 18 April 2016 Bapak Paulus Wiria menghabiskan masa kerja 28 Tahun di Astra, mulai dari PT United Tractor Tbk hingga akhirnya pensiun di PT Traknus Nusantara.

Tahun 2004, Istri Bapak Paulus memutuskan berhenti bekerja untuk mengurus anak mereka yang sudah berjumlah 2 orang. Namun keputusannya resign tidak serta merta membuatnya tidak bekerja lagi. Beliau memutuskan untuk membuka toko roti dirumah yang memiliki jam kerja lebih flexible dan tetap dapat mengawasi anak anak. Dibuka dengan nama Tessa Cake (terinspirasi dari nama anak kedua mereka), ternyata keputusannya tidak salah, 5 tahun berselang toko rotinya sangat ramai pembeli hingga memiliki otlet baru di Kota Wisata Cibubur pada tahun 2010 dan hingga saat ini sudah memiliki 20 karyawan.

Kini, setelah Bapak Paulus Wiria pensiun pada 2017 Tessa Cake membuka satu cabang lagi di kawasan Citra Grand Cibubur, dilengkapi dengan coffee shop. Pak Paulus belajar menjadi barista agar dapat terjun langsung menangani pelangganya. Beliau sangat bersyukur memiliki istri yang sangat mendukung dimasa pensiunnya, bahkan sang istri awalnya merasa sangat khawatir apabila setelah pensiun Pak Paulus merasa bosan dan tidak ada kesibukan, namun karena coffee shop yang dimilikinya sangat ramai pembeli, aktivitas setelah pensiun dirasa makin sibuk dan menyenangkan. Selain sibuk di coffee shop, Pak Paulus dapat membagi waktu dengan anak-anaknya ataupun melakukan aktivitas lainnya disela-sela kesibukannya.

Pak Paulus merasa bahwa dia orang yang sangat beruntung, karena istrinya sudah memulai usaha sendiri dari beberapa tahun sebelum pensiun. Sehingga setelah pensiun lebih fokus mengembangkan usaha yang sudah ada. Karena menurutnya jika usaha dimulai setelah pensiun maka waktu yang dimiliki pendek, sehingga jika gagal kesempatan untuk bangkit lagi menjadi lebih kecil. Dalam hal ini komunikasi di keluarga menjadi sangat penting sebagai kunci membangun usaha bersama.

 

Kembali ke Kegiatan Pensiunan