Rencanakan Pensiun Anda, SEKARANG!

28 Nov 2016

Berapa usia Anda sekarang? 20? 30? Atau 40 tahun? Berapapun usia Anda tak pernah ada kata terlambat untuk mempersiakan masa pensiun Anda.

Setelah berpuluh-puluh tahun menjadi karyawan,  tanpa disadari pada saatnya kita akan berubah menjadi seorang pensiunan bukanlah hal yang mudah untuk diterima. Ibarat kata, kita sudah terbiasa duduk sekian lama  tiba-tiba dipaksa untuk berdiri dan berjalan, kaki yang selama ini terbiasa dengan duduk pasti  tak akan mampu dalam sekejab menopang badan kita untuk berdiri ataupun  berjalan.  Mau tidak mau, saat pensiun akan datang dan ini  adalah salah satu fase yang pasti akan  kita jalani,  tinggal bagaimana kita mempersiapkannya.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mencapai masa  pensiun, dua hal yang paling  penting untuk dipersiapkan   adalah persiapan finansial dan  persiapan mental.  Banyak orang yang tak siap menghadapi pensiun—kebanyakan karena post-power syndrome—dan ini  hampir dialami oleh  semua orang yang akan memasuki masa pensiun.

Beberapa hal  yang dapat Anda gunakan dalam mempersiapkan masa pensiun, anta lain :

1. Lakukan perencanaan!

Hitung mundur dari saat ini, kapan Anda akan pensiun. Mulai pikirkan apa yang akan Anda lakukan ketika Anda pensiun dan apa yang harus Anda persiapkan untuk melakukan kegiatan tersebut.

Ciptakan satu tujuan yang akan Anda lakukan  di masa pensiun Anda, maka minimal Anda akan mempunyai satu tujuan hidup ketika pensiun.

 

2. Tetapkan besar tabungan pensiun Anda setiap bulan dan tabung secara konsisten.

Jika Anda terdaftar di Dana Pensiun Astra, mungkin setiap bulan Anda secara tidak sadar telah menabung sebesar 9.6% dari gaji Anda (3,2% dipotong dari gaji Anda, 6,4% disubsidi oleh perusahaan) sebagai Manfaat Pensiun. Namun akan lebih baik jika Anda juga  mempunyai tabungan tambahan untuk masa pensiun Anda, misalkan Anda secara rutin menabung 10% dari gaji Anda dan baru 90% sisanya Anda gunakan untuk kebutuhan hidup.

3. Investasi

Jika Anda memiliki uang lebih, pastikan Anda menginvestasikan uang Anda. Menabung bukan hal  menarik/menguntungkan  untuk jangka panjang karena suku bunga tabungan semakin rendah dan sering lebih rendah dari inflasi.

Ada beberapa jenis investasi  yang dapat  menjadi pilihan seperti Obligasi Ritel Indonesia (ORI), Sukuk Retail, deposito, saham di pasar modal, reksadana atau properti. Pilih investasi yang sesuai dengan profil investasi Anda karena perlu  di ingat bahwa hasil/ return tinggi maka memiliki resiko yang tinggi pula. Saat ini banyak iming-iming hasil investasi yang memberikan hasil/return yang luar biasa,  pastikan Anda mengerti benar dengan investasi tersebut dan jangan mudah tergiur

4. Mulai hitung kebutuhan Anda

Jika dalam satu bulan, saat ini, Anda membutuhkan Rp. 5.000.000 untuk kebutuhan pokok, maka Anda harus bisa menghitung berapa kebutuhan Anda ketika Anda pensiun.

Sebagai contoh Anda akan pensiun 3 tahun lagi, dengan rata-rata inflasi per tahun 5% maka

Anda dapat menghitung dengan cara sebagai berikut:

·     H-3 tahun sebelum pensiun kebutuhan rata-rata setiap bulan:    

 Rp. 5.000.000


·     H-2 tahun sebelum pensiun kebutuhan rata-rata setiap bulan:

        Rp. 5.000.000 + (Rp. 5.000.000 * 5%) = Rp. 5.250.000

 

·     H-1 tahun sebelum pensiun kebutuhan rata-rata setiap bulan:

        Rp. 5.250.000 + (Rp. 5.250.000 * 5%) = Rp. 5.512.500


·     Ketika pensiun usia 55 th kebutuhan rata-rata setiap bulan:

                   Rp. 5.512.500 + (Rp. 5.512.500 * 5%) = Rp. 5.788.125


·     H+1 setelah pensiun kebutuhan rata-rata setiap bulan:

                   Rp. 5. 788.125 + (Rp. 5. 788.125 * 5%) = Rp. 6.077.531


·     Dan seterusnya..

 

Dapat kita lihat bahwa ketika  Anda  telah  pensiun, kebutuhan  akan hidup  Anda  meningkat dari Rp. 5 juta/bulan menjadi Rp 5.8 juta/bulan dan satu tahun tahun setelah Anda pensiun kebutuhan telah meningkat menjadi Rp. 6 juta/bulan.

Lalu berapa kebutuhan hidup Anda ketika nanti telah berusia 65 tahun?

Anda dapat menghitung lebih mudah dengan menggunakan rumus Future Value sbb:

FV: PV  X (1+i)n

Dimana :               FV        : Future Value ;

                               PV        : Present Value/kebutuhan Anda saat ini ;

                               I           : tingkat bunga/inflasi ;

              n          : masa / waktu dalam tahun

 

Jadi untuk menghitung kebutuhan  dalam 5 tahun setelah pensiun dengan kebutuhan pada saat pensiun sebesar Rp 5.788.125, maka kira2 kebutuhan 5 tahun mendatang setelah pensiun adalah :

                      FV = 5.788.125 X [1+5%]5

      FV =   7,387,277

Jadi dalam ketika Anda berusia 60 tahun atau 5 tahun setelah pensiun kebutuhan Anda per bulan adalah Rp. 7.387.277

Nah, dengan adanya perhitungan ini diharapkan Anda lebih dapat mempersiapkan masa pensiun Anda.

 

Kembali ke Edukasi