Q: Bagaimana DPA mengelola dana pensiun peserta?

A: Dana Pensiun Peserta selama ini diinvestasikan di beberapa bagian, saham, obligasi, sukuk, SUN, dll (untuk list lebih lengkap silahkan baca di www.dapenastra.com pada bagian "Berita Bulanan" ketika Anda telah log in), investasi ini dilakukan untuk mendapatkan pengembangan yang maksimal bagi peserta. Dalam melaksanakan investasi, DPA dibantu oleh beberapa fund manager yang sudah berpengalaman dan bank kustodian. Investasi yang dilakukan DPA juga diawasi dengan ketat oleh pemerintah dan dewan pengawas serta komite investasi.

Q: Apakah investasi DPA pernah mengalami negatif?

A: Ya, hasil investasi memang tidak selalu positif. Berbeda dengan tabungan/deposito yang selalu positif. DPA mengambil kebijakan ini untuk memperoleh hasil pengembangan yang lebih baik dalam jangka panjang.

Q: Lalu mengapa investasi ini diteruskan jika hasilnya negatif?

A: Yang pertama, investasi tidak selalu negatif. Hasil negatif masih menjadi kasus langka dalam sejarah investasi DPA. Yang kedua, hasil investasi negatif tidak selalu sama dengan merugi. Dalam catatan investasi DPA, meskipun mengalami beberapa hasil negatif, namun secara jangka panjang hasil imbal balik yang didapatkan peserta masih melebihi hasil imbal balik deposito.