informasi
Budidaya Burung Kicau, Hobi Yang Menghasilkan

29 Sep 2020

Budidaya Burung Kicau, Hobi Yang Menghasilkan

Pensiunan yang satu ini merupakan pensiunan yang menjalankan hobby sebagai aktivitas pensiunnya. Dengan masa Bakti 29 tahun dari PT AT Indonesia beliau pensiun pada Februari 2017. Pada awalnya Bapak Samid sempat merasa belum siap di 6 bulan pertama masa pensiunnya. Dibenaknya terfikir seputar  masa pensiunnya kelak, apalagi saat pensiun beliau masih memiliki anak usia sekolah, selain itu fikiran bagaimana agar dapat mencukupi keuangan rumah tangga terus muncul. Dengan dukungan keluarga, akhirnya beliau dapat menjalani pensiun dengan baik. 

Bapak Samid memutuskan menjalankan hobi memelihara burung sebagai aktivitas pensiun. Tatacara pemeliharaan burung yang baik telah diajarkan oleh orang tua beliau  semenjak kecil, akan tetapi dengan kesibukan di tempat kerja, beliau belum dapat menyalurkan hobi tersebut hingga tiba masa pensiun. Waktu yang cukup untuk melakukan hobi memelihara burung membuat beliau fokus untuk melakukan kegiatan tersebut. Dengan berbekal pengetahuan yang dimiliki serta peluang yang muncul, Bapak Samid mulai membuat kandang khusus untuk membuat pembudidayaan burung.

Burung indukan telah beliau miliki sejak tahun 2016 dengan jenis burung yang dibudidayakan antara lain Murai Batu, Cucak Rowo, Love Bird dan beberapa jenis burung yang memilki nilai ekonomis dan memiliki pasar potensial. Selain menjual burung dewasa yang siap jual, beliau pun menjual anakan burung hasil budidaya.  

Beliau menikmati masa pensiun nya dengan menjalankan hobi yang memberikan pemasukan bagi keluarganya yaitu pembudidayaan burung.  

 

Kembali ke Kegiatan Pensiunan