Polling CNN Indonesia : 42 Persen Pembaca Gunakan THR untuk Investasi

28 May 2019

Polling CNN Indonesia : 42 Persen Pembaca Gunakan THR untuk Investasi

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah telah mengucurkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, Polri, serta pensiunan. Sejumlah perusahaan swasta juga telah memberikan THR kepada para pegawainya.

Dari hasil polling yang digelar CNNIndonesia.com dan diikuti 520 pembaca, sebanyak 42 persen respondens memilih menggunakan dana THR-nya untuk berinvestasi.

Sementara 41 persen respondens memilih menggunakan THR untuk berbelanja kebutuhan lebaran, sedangkan 17 persen menggunakan THR untuk biaya mudik.

Kepala Program Studi Manajemen Unika Atma Jaya menyebut THR perlu dikelola dengan baik, agar bermanfaat secara optimal. Salah satu langkah penting yang harus dilakukan saat menerima THR adalah menyisihkan minimal sebesar 10 persen untuk tabungan atau berinvestasi.

Selain itu, sebaiknya prioritaskan sebagian dana THR untuk membayarkan kewajiban seperti pembayaran zakat. THR juga dapat digunakan untuk melunasi utang atau tinggakan yang ada.

"Gunakan THR untuk melunasi utang dan tunggakan yang ada, khususnya utang yang sifatnya tidak tetap, seperti tagihan kartu kredit, pinjaman online atau pinjaman lain dengan bunga tinggi," jelas dia.

Kemudian, dana THR juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lebaran, seperti pakaiana, makanan, dan minuman. Sebaiknya perhatikan barang yang dibeli agar sesuai kebutuhan.

"Manfaatkan promisi dan diskon, serta buat perbandingan dengan belanja online yang cenderung murah," ungkap dia.

Dana THR, menurut dia, juga dapat dipergunakan untuk biaya transportasi, akomodasi, dan konsumsi selama perjalanan mudik nanti.

"THR merupakan tambahan pemasukan yang penerimaannya tidak rutin. Tambahan pemasukan ini juga sebenarnya bisa menjadi kesempatan baik untuk menambah dana cadangan yang dapat diinvestasikan atau ditabung untuk memenuhi kebutuhan tidak terencana di masa mendatang," jelas dia.

Ia juga menyarankan agar disiplin dalam menggunakan dana THR sesuai tingkat prioritas. Jangan pergunakan dana THR untuk pengeluaran yang bersifat rutin.

"Apabila penerimaan THR tidak mencukupi kebutuhan maka saatnya untuk selektif dalam pengeluaran, serta berkreasi dalam menambah pemasukan," pungkas dia. (agi)

Sumber : www.cnnindonesia.com | klik untuk link ini untuk sumber berita (https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190524232917-83-398264/polling-42-persen-pembaca-gunakan-thr-untuk-investasi)

Naah, sekarang Bapak/Ibu peserta DPA uang THR nya untuk apa aja ya... ?

 

Kembali ke Berita Umum