Jenis-Jenis Pensiun di Dana Pensiun Astra

11 Jun 2021

Jenis-Jenis Pensiun di Dana Pensiun Astra

Hai Insan Astra!

Tahukah kamu bahwa terdapat beberapa jenis pensiun di Dana Pensiun Astra. Penentuan jenis pensiun tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya usia peserta dan masa kepesertaan DPA. Perlu Insan Astra pahami bahwa masa kepesertaan berbeda dengan masa kerja, dimana masa kepesertaan dihitung pada saat Insan Astra didaftarkan oleh perusahaan dan membayarkan iuran pensiun pertama kali.

Oleh karena itu, Insan Astra perlu memperhatikan hal tersebut agar dapat memahami dokumen apa yang perlu dilengkapi serta mekanisme pembayaran manfaat pensiun yang akan diterima.

Yuk kita simak penjelasan mengenai Jenis Pensiun di DPA.

  1. Kembali Iuran : Peserta yang masuk kedalam Jenis pensiun ini adalah peserta dengan usia pada saat berhenti di bawah 55 tahun dan masa kepesertaan kurang dari 3 tahun. Sehingga hak manfaat pensiun yang diterima berupa Akumulasi Iuran Peserta + Bunga Layak.
  2. Pensiun Tunda : Peserta yang masuk kedalam Jenis pensiun ini adalah peserta dengan usia kurang atau sama dengan 45 tahun dan masa kepesertaan lebih dari atau sama dengan 3 tahun saat berhenti. Hak manfaat pensiun yang diterima berupa Akumulasi Iuran Peserta + Akumulasi Iuran Perusahaan + Hasil Investasi.
  3. Pensiun Dipercepat :  Peserta yang masuk kedalam Jenis pensiun ini adalah peserta dengan usia lebih dari 45 tahun namun kurang dari 55 tahun pada saat berhenti dengan masa kepesertaan lebih dari 3 tahun. Manfaat pensiun yang akan didapatkan berupa Akumulasi Iuran Peserta + Akumulasi Iuran Perusahaan + Hasil Investasi.
  4. Pensiun Normal : Jenis pensiun ini diberikan kepada peserta yang berhenti bekerja dengan usia 55 tahun. Hak manfaat Pensiun yang akan didapatkan berupa  Akumulasi Iuran Peserta + Akumulasi Iuran Perusahaan + Hasil Investasi.
  5. Cacat/Meninggal : Jenis pensiun ini akan diberikan kepada Ahli Waris atau Pihak Yang Ditunjuk dan akan mendapatkan hak manfaat pensiun berupa Akumulasi Iuran Peserta + Akumulasi Iuran Perusahaan + Hasil Investasi

Nah semoga Insan Astra lebih memahami perbedaan jenis-jenis pensiun yang berlaku di Dana Pensiun Astra. Pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi kami melalui Whatsapp di 0878-8181-5252 (hanya menerima pesan teks) atau follow Instagram kami di @dapenastra_official

Jangan lupa download DPA Mobile agar Insan Astra up-to-date dengan berita terkini DPA.

 

 

Kembali ke Berita Umum